Sukses

Bos Facebook Jadi Orang dengan Pemasukan Terbesar di Dunia

CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, berhasil menjadi orang dengan pemasukan terbanyak di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali mengeluarkan daftar orang terkaya di dunia, Kamis (4/12/2014). Dari keseluruhan daftar orang terkaya di dunia ini, Amerika Serikat masih mendominasi dengan Bill Gates yang kembali menjadi orang terkaya nomor 1 di dunia dan Mark Zuckerberg, bos Facebook, sebagai miliarder dengan pemasukan terbesar tahun ini.

Menurut data yang dikutip dari Forbes pada Jumat (5/12/2104), kekayaan Mark Zuckerberg per tanggal 4 Desember 2014 adalah sebanyak US 33,2 miliar atau sekitar Rp 400 triliun (estimasi kurs: Rp 12.302 per dolar AS).

Total kekayaan tersebut membuat pria 30 tahun ini menempati posisi ke-15 orang paling kaya sedunia. Yang menarik, dari seluruh orang terkaya di dunia, Zuckerberg lah yang memperoleh pendapatan paling banyak tahun ini, yaitu sekitar US$ 153,5 juta.

Total pemasukan ini tentu saja berasal dari Facebook dan segala kegiatan bisnisnya, termasuk melakukan akuisisi beberapa perusahaan. Mark Zuckerberg memang bertaruh besar dalam strategi akuisisi tersebut.

Pada bulan Februari lalu misalnya, Facebook secara mengejutkan membeli aplikasi chatting WhatsApp sebesar US$ 19 miliar. Pembelian ini pada waktu itu sangat mengejutkan dunia teknologi.

Kemudian, satu bulan kemudian, Zuckerberg menghabiskan US$ 2 miliar untuk pembuatan reality headset maker Oculus VR, bahkan sebelum produk tersebut siap dijual.

Beberapa bulan yang lalu Facebook juga mengakuisisi LiveRail,  perusahaan yang bergerak di bidang video publisher, dengan jumlah antara US$ 400 juta sampai US$ 500 juta.

Dengan beberapa akuisisi tersebut, saham Facebook melonjak naik dan menambahkan sekitar US$ 15 miliar kekayaan bersih Zuckerberg selama tahun lalu. (Rio Apinino/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini