Sukses

Ekonomi Jateng Diprediksi Tumbuh 0,5% di 2015

Ekonomi Jawa Tengah tahun ini diprediksi tumbuh 5,3 persen.

Liputan6.com, Semarang - Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah diprediksi akan membaik tahun depan dibandingkan 2014 ini. Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY, Sutikno memperkirakan pertumbuhannya berkisar 0,5 persen.

“Tahun 2014 pertumbuhan ekonomi diprediksi 5,3 persen maka pada tahun 2015 mendatang kami memperkirakan pertumbuhannya bisa mencapai 5,8 persen,” ujar dia di Semarang, Sabtu (6/12/2014).
 
Optimisme pelaku usaha, konsumen, dan pengambil kebijakan dipandang sebagai faktor yang paling berpengaruh. Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada pemerintahan baru adalah faktor pendukung.
 
Kondisi ini dipandang  sejalan dengan menguatnya perekonomian nasional yang diperkirakan dapat tumbuh di kisaran 5,4 persen-5,8 persen pada tahun 2015. 
 
“Faktor lainnya adalah peningkatan ekspor. Optimisme peningkatan ekspor ini sebagai respon  membaiknya perekonomian Amerika Serikat yang merupakan tujuan utama ekspor Jawa Tengah,” kata Sutikno.
 
Komoditas ekspor yang menjadi andalan Jateng adalah furniture, jamu, dan juga barang kerajinan. (Edhie/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.