Sukses

Harga Ayam Potong di Palu Mulai Merangkak Naik

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kalau pelaksanaan Natal dan tahun baru mulai dekat pasti permintaan ayam potong meningkat.

Liputan6.com, Palu - Menjelang perayaan hari raya Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Palu, Sulawesi Tengah, mulai terpantau naik, salah satunya adalah ayam potong.

Di Pasar Sentral Inpres Manonda (PSIM) Palu, harga ayam potong untuk ukuran besar naik menjadi Rp55 ribu per ekor dari harga sebelumnya Rp 45 ribu per ekor.

Sedangkan untuk ayam potong ukuran kecil, dari harga Rp 33 per ekor naik menjadi Rp 40 ribu per ekor. Kenaikkan ini, diakui pedagang karena tingginya permintaan warga di pasaran menjelang Natal.

"Kenaikkan harganya baru empat hari," aku salah satu pedagang, Eta, di PSIM Palu, Senin (8/12/2014).

Menurut dia, kenaikkan harga ayam potong seiring tingginya pengambilan di tingkat peternak. "Pengambilan ayam potong per ekor di tingkat peternak sudah naik. Makanya agar pedagang tidak rugi, harga dinaikkan," imbuh Eta.

Harga ayam potong di pasaran Palu diprediksi masih akan terus naik. Prediksi itu, akibat semakin dekatnya dua perayaan hari besar. Seperti Natal dan Tahun Baru 2015.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kalau pelaksanaan Natal dan tahun baru mulai dekat pasti permintaan ayam potong meningkat. Kalau sudah begitu, pasti pedagang juga akan menaikkan harga biar bisa untung," tambah pedagang lainnya, Muhtar. (Dio Pratama/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini