Sukses

Pertamina Siapkan Belanja Modal US$ 5 Miliar Tahun Depan

Belanja modal ini masuk pada Rancangan Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) yang dikeluarkan 22 Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana menyiapkan belanja modal sebanyak US$ 5 miliar untuk di tahun depan.

Direktur Bidang Usaha Portofolio Investasi Manajemen Risiko dan Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan dana tersebut sebagai langkah korporasi perseroan meliputi ekplorasi ladang minyak.

"Sudah tua sumur yang ada, makanya perlu revitalisasi," kata dia dalam pengangkatan tiga direksi baru Pertamina di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Pihaknya menuturkan  biaya yang dikeluarkan untuk revitalisasi terhitung besar. Dia memprediksi dana yang rogoh kira-kira mencapai US$ 25 miliar. Rencanya, kebutuhan itu akan dicukupi melalui belanja modal dan pinjaman kemitraan.

Namun demikian, Arief mengatakan untuk kepastiannya terlihat pada Rancangan Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) yang dikeluarkan 22 Desember 2014.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan untuk kedaulatan energi pihaknya akan memperbanyak pengelolaan ladang-ladang minyak di dalam dan luar negeri.

Dia juga akan berupaya mengambil alih kontrak ladang minyak yang akan habis. "Pertamina akan fight agar kita bisa memperoleh kontrak kerja yang telah habis tersebut agar bisa dikelola," tutup Dwi. (Dny/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini