Sukses

Miliarder Ini Selalu Cuci Piring Tiap Pulang Kantor

"Saya mencuci piring setiap malam," kata miliarder pendiri Amazon.com, Jeff Bezos.

Liputan6.com, New York- Amazon adalah salah satu situs transaksi jual-beli yang paling terkenal di internet. Awalnya, Amazon hanya berjualan buku saja, tetapi kemudian berkembang hingga menjual barang-barang seperti MP3 player hingga aksesoris lainnya.

Otak di balik suksesnya Amazon tentu saja adalah Jeff Bezos, CEO sekaligus pendirinya. Saat ini, sebagaimana data dari Forbes, Bezos adalah salah satu miliarder yang memiliki kekayaan sebanyak US$ 29 miliar atau sekitar Rp 35,7 triliun (Kurs: Rp 12.334/US$).

Menariknya, tidak seperti CEO pada umumnya, Jeff Bezos bukanlah orang yang sering tampil di depan publik. Bahkan, bisa dikatakan Bezos justru sangat jarang tampil di depan publik.

Tidak terbiasa tampil di depan publik memang salah satu kebiasaannya dalam menjalankan bisnis. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Bezos sangat sederhana. Dia bahkan tidak memiliki pembantu rumah tangga sehingga harus mencuci piring tiap malam.

Berikut empat kebiasaan nyentrik dari Jeff Bezos seperti yang dilansir oleh Recode, Jumat (12/12/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin pekerja bahagia

Bagi Bezos, kebahagian pekerja jadi prioritas

Tidak seperti perusahaan lain dimana semakin besar perusahaan maka tunjangan bagi pekerjanya pun semakin banyak, Amazon justru terkenal hemat untuk urusan tunjangan.

Menanggapi hal ini, Bezos berpendapat lain. Misalnya, dirinya mengatakan bahwa para pekerja di Amazon hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk sampai ke tempat kerja di kota Seattle.

Selain itu, para pekerja juga diizinkan untuk membawa binatang peliharaan ke kantor. Hal-hal seperti ini dianggap Bezos dapat membuat pekerja bahagia, meskipun tanpa tunjangan yang besar. 

3 dari 4 halaman

Jarang ketemu investor

Hanya menghabiskan 6 jam dalam setahun untuk bertemu investor

Seperti banyak perusahaan lain, Amazon tidak terlalu tertarik untuk mengakomodasi permintaan Wall Street dalam beberapa hal. Karena itu, dalam beberapa tahun Amazon gagal untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Tetapi, hal tersebut juga membuat Bezos tidak perlu mengalokasikan waktu yang banyak untuk bertemu investor besar. Sebaliknya, Bezos lebih banyak bertemu investor kecil yang tidak terlalu peduli dengan visi dan misi Amazon.

4 dari 4 halaman

cuci piring sendiri

Bezos ternyata tidak memiliki pembantu rumah tangga

Meskipun terdaftar sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes, Bezos ternyata tidak memiliki pembantu rumah tangga. Dia bahkan rajin cuci piring tiap pulang dari kantor. "Saya mencuci piring setiap malam," kata Bezos.

 

Tidak memberikan fasilitas dengan mudah pada anak

Sifat hemat Bezos ternyata bukan hanya diterapkan pada perusahaannya, tetapi juga menjalar hingga kehidupannya di keluarga. Diketahui, anak bungsu Bezos yang berumur 14 tahun adalah anak terakhir yang memiliki smartphone di kelasnya.

Apa yang dilakukan Bezos, menurutnya, adalah untuk mengajarkan anak dan keluarganya untuk hidup hemat dan bekerja keras untuk mencapai apa yang diinginkan. Sebab, posisinya saat ini yang telah menjadi salah satu miliarder terkaya tidak terlepas dari sifatnya yang hemat. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.