Sukses

Daftar Mata Uang Paling Tak Berharga di Dunia, Rupiah Peringkat Berapa?

Dibandingkan dengan dolar AS, 6 mata uang ini termasuk rupiah memiliki nilai paling rendah di dunia. Rupiah peringkat berapa?

Liputan6.com, New York - Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mengakui 180 mata uang nasional sebagai alat pembayaran yang sah. Sampai saat ini, dolar AS (US$) masih menjadi mata uang acuan, atau patokan nilai tukar bagi mata uang lainnya.

Salah satu hal yang menarik untuk disimak adalah bagaimana keterkaitan antara dolar AS dengan mata uang lainnya. Bagaimana misalnya, ada mata uang yang justru nilainya lebih tinggi dari dolar seperti euro yang digunakan di seantero Eropa.

Jika ada mata uang yang lebih tinggi dari dolar AS, maka tentu ada pula mata uang yang nilainya lebih rendah. Bahkan, ada mata uang yang nilainya terlampau jauh dari dolar AS. Misalnya, pada mata uang tertentu, nilai 1 dolar AS setara dengan puluhan ribu. Posisi ini yang membuat banyak mata uang disebut sebagai mata uang sampah. 

Apa saja mata uang sampah tersebut? Apakah mata uang Indonesia, rupiah, termasuk di dalamnya? Berikut enam mata uang sampah atau paling tidak berharga di dunia seperti yang dikutip dari The Richest, Sabtu (12/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi 6-5

6. KIP, Laos

 

Mata Uang KIPs, Laos

 

1 US$ = 8.075 kip

Laos adalah tempat yang sangat pas untuk mencari ketenangan diri, kehidupan masa lalu dan hal-hal tradisional lain. Sektiar 75 persen dari jumlah angkatan kerja negara ini adalah petani.

 

5. Rubel, Belarusia

 

Mata Uang Rubel, Belarusia

 

1 US$ = 11.145 rubel

 

Negara pecahan Uni Sovyet ini mengalami ekonomi yang buruk. Dua tahun lalu, mata uang Belarusia kehilangan 65 persen dari nilainya.

3 dari 4 halaman

Posisi 4-3

 

4. Rupiah, Indonesia

 

Mata Uang Rupiah, Indonesia

1 US$ = Rp 12.467

Ternyata, mata uang negara kita ini masuk dalam salah satu mata uang sampah di dunia. Menurut The Economist yang dikutip oleh The Richest, masalah Indonesia diantaranya adalah infrastruktur yang buruk, birokratis dan korupsi yang merajalela.

 

3. Dobra, Sao Tome

 

Mata Uang Dobra, Sao Tome

 

1 US$ = 19.985 dobra

 

Mungkin Anda bahkan belum mendengar sama sekali nama negara ini. Tempat ini merupakan surga kecil di lepas pantai Afrika. Masih minim infrastruktur, negara ini bertopang pada hasil produksi agraris.

4 dari 4 halaman

Posisi 2-1

 

2. Dong, Vietnam

 

 

Mata Uang Dongs, Vietnam

1US$ = 21.387 dong

Mata uang negara tetangga Indonesia ini merupakan mata uang paling tidak berharga nomor-2 di dunia.

 

1. Rial, Iran

 

Mata Uang Rial, Iran 

 

1 US$ = 26.683 rial

Inilai negara dengan mata uang tersampah di dunia: Iran. Negara yang pernah dipimpin oleh Mahmoud Ahadinejadi ini masih mendapatkan sanksi internasional atas program nuklirnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini