Sukses

Semarang Masih Butuh 43 Ribu Rumah Baru

Hasil pendataan DPD REI Jawa Tengah, saat ini kota Semarang masih membutuhkan sekitar 43.400 unit rumah.

Liputan6.com, Semarang - Kebijakan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk memacu agar masyarakat berpenghasilan rendah bisa memiliki rumah sendiri dengan memberikan subsidi, direspons oleh Real Estate Indonesia. Hasil pendataan DPD REI Jawa Tengah, saat ini kota Semarang masih membutuhkan sekitar 43.400 unit rumah.

Ketersediaan rumah itu akan dikembangkan ke kawasan pinggiran karena pusat kota sudah padat pemukiman. Menurut Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jateng MR Prijanto, dari 43 ribu lebih kebutuhan rumah, memang mayoritas adalah warga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Mereka kebanyakan keluarga baru yang belum memiliki rumah.

“Namun karena di pusat kota Semarang sudah padat pemukiman, maka REI akan mengembangkan hunian di kawasan pinggiran,” kata Prijanto, Jumat (12/1/2014).

Untuk pusat kota sudah tidak mungkin lagi dikembangkan karena sudah sangat padat. Ketersediaan perumahan di pusat kota hanya bisa dilakukan dengan membangun hunian vertikal, apartemen misalnya.

"Namun hal itu juga sulit dilakukan karena harga tanah pusat kota relatif mahal. Pengembang kurang berminat mengembangkan hunian di pusat kota," kata Prijanto.

Berdasarkan kajian tersebut maka REI berupaya mengembangkan hunian di pinggiran kota seperti, Semarang Selatan, Ungaran, Gunungpati, Boja, Kendal, Demak dan Salatiga. Di kawasan itu, ketersediaan lahan masih luas untuk dibangun perumahan.

"Kami sudah membuat MoU dengan Walikota Semarang, untuk mempercepat proses penyediaan rumah-rumah bersubsidi," kata Prijanto.

Dengan adanya Mou tersebut, diharapkan Pemerintah Kota Semarang bersedia memberikan bantuan, baik kemudahan perizinan maupun pelengkapan infrastruktur, serta hal-hal lain yang bisa dibantu pemerintah.  (Edhie/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.