Sukses

5 Tips Mengelola Bisnis Kecil Agar Selalu Terjaga

Inilah 5 tips mengelola bisnis agar bisnis kecil Anda selalu terjaga dalam kondisi baik.

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola bisnis memang memiliki kesulitan tersendiri. Kondisi baik dan buruk silih berganti menerpa bisnis Anda tersebut. Berikut terdapat 5 tips mengelola bisnis agar bisnis kecil Anda selalu terjaga dalam kondisi baik yang dilansir dari laman Businessinsider, Kamis (18/12/2014):

1. Kelola dan Perhatikan Detail Pergerakan Keuangan

Keuangan merupakan denyut nadi dari bisnis Anda. Jadi segeralah identifikasi biaya operasional dan berapa biaya yang Anda perlukan di sepanjang tahun, termasuk biaya antisipasi saat situasi buruk.

Selain itu, upaya menaikkan keuntungan perlu diambil langkah-langkah yang cermat. Hitung dari keseluruhan biaya marginal dan siklus peredaran keuangan Anda seblum melakukan investasi.

2. Analisis Performa Bisnis

Membangun bisnis sendiri membutuhkan strategi operasional yang cepat dan terkini seperti akses untuk penjualan, laba, dan siklus peredaran uang. Anda juga mungkin membutuhkan aplikasi perhitungan tersebut.

Jangan lupa, pastikan Anda mengetahui Break Even Point (BEP) atau titik stabil dari bisnis kecil Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan tindakan untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catat Kebutuhan Pajak

3. Catat Kebutuhan Pajak

Sangat diperlukan untuk mencatat dan mendokumentasikan pajak bisnis kecil Anda. Sebab hal ini akan berpengaruh pada potongan gaji dan bantu Anda mengatasi klaim konsesi.

Langkah pertama, atur kebiasaan akuntasi yang baik. Catat semua pengeluaran dan pendapatan Anda. Langkah kedua, konsultasikan dengan profesional pajak yang dapat membantu Anda. Terakhir, pastikan akuntan Anda untuk meminta rincian keterangan mengenai segala pajak yang dikenakan.

4. Kelola Risiko Anda

Pastikan sebelum membangun bisnis kecil, rencanakan setiap detail keuangan dan risiko yang akan didapat secara berkesinambungan. Pastikan Anda memiliki asuransi yang memadai sehingga bisnis kecil Anda tak mudah tergoncang oleh terpaan.

5. Promosikan Bisnis Anda

Pemasaran kreatif sangat bermnafaat untuk membangun bisnis kecil Anda agar semakin besar. Upaya dari mulut ke mulut, Facebook, email, sms, atau sebagainya cukup bermnafaat demi kelangsungan hidup bisnis Anda.

Jangan remehkan hal-hal kecil seperti promosi lewat mulut ke mulut sekali pun. Hal ini baik untuk memberikan penawaran eksklusif pada pelanggan dan mendapatkan loyalitas dari mereka. (Jazaul A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini