Sukses

Jelang Natal, Harga Sayur dan Daging Sapi Masih Stabil di Bogor

Pasokan daging dan sayur masih aman membuat harga daging sapi dan sayuran masih stabil di pasar tradisional, Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bogor - Harga bahan pokok makanan biasanya melonjak jelang hari raya. Namun, jelang Natal dan Tahun Baru belum tampak berimbas ke harga daging sapi dan sayur terutama di pasar tradisional yang ada di Bogor.

Pantauan Liputan6.com di Pasar kebon Kembang, Bogor, harga daging sapi cenderung stabil di harga Rp 97 ribu per kg dan Rp 110 ribu per kg untuk daging khas. Tak hanya itu, persediaan stok daging sapi juga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Stoknya masih aman sejauh ini. Untuk itu, harga daging sapi belum naik menjelang Natal dan Tahun Baru," ujar Ma'ruf salah satu pedagang daging sapi di Pasar Kebon Kembang, Kamis (18/12/14).  

Meski begitu, lanjutnya, ia memprediksi kenaikan harga daging sapi terjadi jelang akhir tahun nanti. Kenaikan harga pun diprediksi mencapai 20 persen dari harga daging saat ini.

Namun, biasanya hal itu bergantung pada kondisi stok daging di rumah pemotongan hewan ( RPH). "Jelang akhir tahun biasanya naik, tapi kalau persediaannya cukup di pasaran biasanya harga daging akan tetap stabil," ungkapnya.

Harga sayuran sejauh ini harganya masih relatif stabil seperti di Pasar Bogor Baru. Namun, berbeda dengan cabai merah yang mengalami kenaikan cukup drastis, yaitu kisaran Rp 85 ribu per kg.

"Harga sayuran sampai saat ini masih stabil, cuma cabai aja yang mahal, belum turun-turun harganya," pungkas Sandi (33), pedagang sayur. (Bima F/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.