Sukses

Dana Ewell, Jadi Otak Pembunuhan Orangtua Demi Harta

Bercita-cita menjadi miliarder seperti ayahnya di usia 25 tahun. Tapi pada usia 21 tahun, Ewell justru menjadi otak pembunuhan keluarganya.

Liputan6.com, New York - Harta dan kekayaan bisa menutup mata hati seseorang hingga membuatnya tega melakukan pembunuhan keji bahkan pada orangtuanya sendiri. Dana Ewell, adalah pria muda yang tega menghabisi nyawa kedua orangtua dan saudara perempuannya hanya demi meraup seluruh warisan sang nenek.

Ewell tidak melakukan aksi kriminal itu sendiri. Dia meminta teman sekamarnya di asrama Santa Clara University, Joel Radovcich untuk membunuh keluarga kandungnya.

Sebagai imbalannya, Ewell berjanji membagi dua harta warisan sang keluarga. Aksinya sangat kejam mengingat ayah dan ibunya sangat mendukung mimpi-mimpi Ewell.

Pemuda tersebut bercita-cita menjadi miliarder seperti ayahnya di usia 25 tahun. Tapi pada usia 21 tahun, Ewell justru menjadi otak pembunuhan keluarganya sendiri.

Bagaimana kehidupan keluarga Ewell hingga dirinya tega menghabisi nyawa ayah dan ibunya sendiri? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari Murderpedia, The Richest, dan The Biography, Kamis (18/12/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak keluarga kaya yang manja dan suka berbohong

Dana Ewell sudah menunjukkan sikap yang manja sejak masih kecil. Maklum saja, ayahnya, Dale Ewell merupakan ayah yang tegas dan pengusaha handal yang membangun kekayaannya dengan mendirikan perusahaan besar, Western Piper Sales, Inc.

Ayahnya juga merupakan investor unggul yang membuat keluarga tersebut semakin kaya. Sementara ibunya merupakan aktivis dan pernah menjadi guru di California.

Sejak masih remaja, Ewell sudah menunjukkan perangai yang tidak baik. Dia senang berbohong dan melebih-lebihkan cerita.

Memiliki rumah besar, uang banyak, baju mahal dan masa depan cemerlang ternyata tak cukup bagi anak cerdas tersebut. Seperti ayahnya, Ewell merupakan sosok yang sangat ambisius.

Bedanya, sang ayah bekerja keras demi mendapatkan kekayaannya, sementara Ewell hanya bermodal mimpi tanpa usaha.

3 dari 4 halaman

Otak pembunuhan ayah dan ibu sendiri

 

Saat masuk ke University of Santa Clara, kebiasaan Ewell berbohong semakin menjadi. Dia menceritakan berbagai prestasi yang sebenarnya tak pernah ada.

Ewell bahkan meyakinkan teman-temannya bahwa dia memiliki perusahaan bernilai US$ 2,7 juta. Mengetahui kebiasaan membual sang anak, Dale Ewell lantas mengancam akan memangkas uang jajan dan bagian harta yang diperoleh pria berusia 21 tahun tersebut.

Ewell sangat marah dan akhirnya menyusun rencana pembunuhan untuk sang ayah. Padahal saat itu Ewell sudah tahu bahwa sang ayah akan mewariskan seluruh kekayaan padanya yang memang tengah ditunda karena kebiasaan buruknya.

Dia akhirnya meminta teman kuliahnya untuk membunuh ayah, ibu dan adiknya pada 19 April 1992. Pembunuhan tersebut dilakukan di rumah keluarga Ewell saat mereka baru saja berlibur.

Ibu dan adik Ewell menjadi korban pertama sementara sang ayah ditembak mati 30 menit kemudian.


4 dari 4 halaman

Tertangkap dan dihukum seumur hidup

Kemarahan Ewell yang berlebihan karena tak mampu mendapatkan seluruh harta warisan sang ayah serta cara Ewell menghabiskan kekayaannya membuat sang paman menaruh curiga. Pamannya menyewa detektif untuk mengungkap kasus tersebut dan meminta mengamati Ewell lebih serius.

3 tahun kemudian kasus tersebut akhirnya terungkap. Detektif Souza berhasil membongkar kasusnya setelah sahabat Radovcich, Ernest Jack Ponce membeberkan aksi pembunuhan keluarga Ewell.

Ponce mengaku membeli senjata untuk Radovcich agar bisa melakukan aksi pembunuhannya. Kasus pengadilan tersebut sangat sensasional mengingat dalang pembunuhan merupakan bagian dari keluarga korban.

Ewell dan temannya kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder