Sukses

Pelemahan Rupiah Belum Pengaruhi Harga Ponsel

"Pada akhir tahun orang jarang membeli ponsel karena fokus pada liburan," ucap Alie Cendrawan.

Liputan6.com, Jakarta - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir dinilai belum mempengaruhi harga produk-produk elektronik impor seperti ponsel.

Ketua Asosiasi Pedagang dan Importir Telepon Genggam (ASPITEG), Alie Cendrawan mengatakan, para pedagang atau barang elektronik seperti ponsel melihat bahwa pelemahan rupiah yang terjadi selama ini masih bersifat fluktuatif sehingga pedagang lebih memilih untuk menggunakan harga yang lama.

"Kalau sudah melampaui batas tertentu akan dinaikan kecuali naiknya sedikit," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Meski demikian, dia mengakui bahwa saat ini ada sebagian pedagang ponsel telah menaikan harga. Namun banyak juga yang masih bertahan pada harga lama.

"Sekarang mungkin ada yang sudah menaikan, ada yang tidak. Tapi kalau dolarnya naik sedikit lagi, semua akan naik harganya," lanjutnya.

Menurut Alie, pedagang yang belum menaikan harga jual ponsel memiliki pertimbangan sendiri seperti barang yang masih dijual tersebut merupakan produk lama atau ingin tetap menarik pembeli hingga akhir tahun ini. Karena biasanya jelang akhir tahun seperti ini penjualan ponsel menurun akibat masyarakat lebih fokus menyiapkan liburan.

"Pada akhir tahun orang jarang membeli ponsel karena fokus pada liburan," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.