Sukses

Menko Maritim Ingin Garuda Indonesia Terbang ke AS

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indoryono Soesilo berharap Garuda Indonesia bisa membuka rute penerbangan ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indoryono Soesilo berharap maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bisa segera membuka rute penerbangan ke Amerika Serikat (AS).

Indroyono menegaskan, keinginannya tersebut bukan asal-asalan. Pasalnya, sebenarnya pada 1986 Garuda pernah menerbangi rute ke salah satu kota di Negara Adidaya itu.

"Saya tadi bicara dengan Pak Jonan soal ICAO (International Civil Aviation Organization), mari ulang tahun 1986 saat Garuda Indonesia masuk Amerika Serikat," kata Indroyono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Indroyono mengaku, persoalan Garuda Indonesia yang tidak lolos ICAO untuk terbang ke Amerika lebih cenderung disebabkan faktor internal karena fasilitas pesawat belum sesuai standar internasional.

Namun setelah berbicara dengan Jonan, dia baru mengetahui kalau persoalan tersebut lebih berada di Kementerian Perhubungan selaku regulator.

"Kalau memang ini perlu diselesaikan melalui lintas kementerian dan bisa kita bereskan, Garuda bisa terbang ke AS," kata dia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan, memang ada beberapa item regulasi yang harus disederhanakan mengenai rencana terbang Garuda ke AS tersebut.

"Memang banyak‎, saya sampai tidak hafal, mudah-mudahan dalam enam bulan ke depan bsia kita bereskan," tegas Jonan. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini