Sukses

Pelemahan Rupiah Harus Dimanfaatkan Buat Tambah Daya Saing

Pengusaha Sandiaga Uno mengakui pelemahan rupiah ini memang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kinerja ekspor.

Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dinilai menjadi momentum yang tepat bagi Indonesia untuk memperbaiki neraca perdagangan dengan mengenjot ekspor.

Pengusaha Sandiaga Uno mengakui pelemahan rupiah ini memang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kinerja ekspor, namun seharusnya kondisi ini bisa dilihat secara luas, tidak dari sisi ekspor semata.

"Untuk ekspor bagus. Tetapi kita harus lihat ini secara lebar tidak hanya bisa lihat ekspor saja," ujarnya di Sekretariat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Jakarta Selatan, Jumat (19/12/2014).

Menurut dia, kondisi ini harusnya disikapi untuk meningkatkan daya saing Indonesia, dan bukan hanya merasa diuntungkan saat rupiah tinggi sehingga produk dalam negeri menjadi jadi murah.

"Mestinya ini diubah bagaimana ini jadi keunggulan komparatif kita. Saya yakin peningkatan produktifditas tenaga kerja penting terlebih di industri manufaktur belum terbangun sehingga nilai dari hiliriasai tidak berdampak dengan bagus dengan kondisi dari eksternal ini," lanjutnya.

Sandiaga juga menilai, pengusaha sebenarnya tidak terlalu khawatir apakah rupiah melemah atau menguat. Yang diinginkan oleh pengusaha yaitu kestabilan rupiah sehingga memberi kepastian dalam berinvestasi.

"Paling penting jaga volatilitas supaya tidak perlu menyusahkan dunia usaha. Karena kalau volatilitas tinggi, kita nggak bisa planning, nggak bisa invest," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini