Sukses

Pelemahan Rupiah Belum Pengaruhi Jualan Tiket Pesawat Akhir Tahun

Pengusaha berharap berharap pelemahan ini tidak berlangsung lama sehingga tidak memberikan dampak pada penjualan tiket pesawat kedepannya.

Liputan6.com, Jakarta - Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi beberapa hari terakhir dinilai tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan tiket pesawat baik dalam maupun luar negeri untuk periode liburan Natal dan tahun baru.

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (ASTINDO) Pauline Suharno mengatakan untuk periode tersebut, konsumen telah memesan tiket sejak jauh hari. Bahkan pelunasan kebanyakan sudah dilakukan sebelum rupiah anjlok.

"Memang harga tiket pesawat dipatok dalam US dolar. Tetapi bagi mereka yang merencanakan perjalanan di Desember, pada liburan Natal dan tahun baru rata-rata sudah finalized. Jadi sudah beres pemesanan dan pembayarannya sejak jauh hari. Jadi tidak terlalu berpengaruh," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (21/12/2014).

Dia menjelaskan, pelemahan rupiah ini sebenarnya tidak secara otomatis membuat harga tiket pesawat mengalami kenaikan. Tetapi bagi konsumen yang telah memesan namun belum melakukan pelunasan memang semakin berat karena nilai tukar yang melonjak. Ini yang membuat seolah-olah harga tiketnya yang naik.

"Karena mereka yang sudah terdaftar dalam paket tur akhir tahun mau tidak mau harus bayar, memang ada semacam keterpaksaan. Kalau yang sudah punya cadangan dolar mungkin lebih ringan, tetapi yang belum  punya memang terpaksa harus beli dengan kurs yang agak tinggi untuk pelunasannya," lanjut dia.

Meski demikian, Pauline berharap pelemahan rupiah ini tidak berlangsung lama sehingga tidak memberikan dampak pada penjualan tiket pesawat kedepannya.

"Mudah-mudahan ini tidak berlangsung lama, tidak dalam jangka waktu yang panjang. Kalau begini terus lama-lama juga akan memberikan pengaruh pada penjualan tiket. Bisa ikut-ikutan anjlok," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.