Sukses

5 Tips Keuangan Bagi Pengusaha di 2015

Pengusaha harus pandai memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi.

Liputan6.com, New York - Semua pengusaha harus tahu jika menjalankan bisnis seperti mengelola keuangan pribadi. Meski saat menjalankannya, pengusaha harus pandai memisahkan antara keuangan usaha dan pribadi.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan tersebut, agar usaha tetap gemilang di tahun depan. Berikut 5 tips mengatur keuangan usaha yang bisa menjadi acuan.

Tips ini akan membantu menetapkan bisnis di jalur yang benar di 2015, melansir laman Inc.com, Minggu (21/12/2014):

1. Perlindungan Diri

Pengusaha bisa begitu terfokus pada bisnis yang mereka jalankan. Akibatnya, mereka sering lupa tentang bagaimana melindungi sesuatu yang lebih penting, yakni diri mereka sendiri.

Seperti saat membeli asuransi untuk melindungi diri, Anda juga harus memastikan usaha terlindungi. Semua pengusaha harus ikut berbagai bentuk asuransi, termasuk kesehatan, cacat, hidup, dan lebih untuk menjaga aset.

Tanpa perlindungan asuransi yang tepat, kondisi seperti bencana alam, dapat merusak keuangan dan mengakhiri kewirausahaan Anda.

2. Persiapkan Masa Pensiun

Pengusaha tidak memiliki masa pensiun seperti orang lain. Tapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak bisa mempersiapkan diri untuk masa depan.

Pengusaha harus mengambil langkah ekstra untuk menciptakan rencana pensiun mereka sendiri. Caranya dengan membuka rekening pensiun.

3. Perhatikan Arus Kas

Arus kas menjadi hal penting saat menjalankan usaha. Anda harus mampu menjaga hal-hal berjalan dengan lancar, dan memahami ketika itu perlu untuk menggunakan langkah-langkah sementara, seperti jalur kredit.

4. Menyiapkan Dana Darurat Tunai

Sebut saja tabungan, dana darurat, atau apapun. Pastinya, seorang pengusaha harus memiliki dana kas tunai. Sebab dana ini dapat membantu di saat Anda melalui masa paceklik dalam berbisnis.

5. Masuk ke Berbagai Investasi

Seorang pengusaha harus memikirkan untuk memiliki sumber penghasilan lain di luar usaha yang sedang digelutinya. Dengan begitu, ketika bisnis sedang terpuruk, mereka memiliki sumber daya lain untuk diandalkan.

Kewirausahaan adalah cara yang bagus untuk melakukan kontrol terhadap keuangan Anda dalam dunia yang semakin tidak stabil. Memiliki beberapa prinsip-prinsip dasar keuangan pribadi, mungkin untuk membangun kesuksesan abadi. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini