Sukses

Jurus Jitu Walikota Surabaya Berantas Pemukiman Kumuh

Kota Surabaya menjadi salah satu kota percontohan penataan pemukiman kumuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Surabaya menjadi salah satu kota percontohan karena dinilai mampu melakukan penataan pada kawasan kumuh. Tentu saja, untuk memajukan Kota Pahlawan tersebut tak terlepas dari sosok Walikota Tri Rismaharini.

Risma menuturkan, untuk menata pemukiman kumuh tak memiliki trik khusus. Pihaknya mengaku hanya menggunakan sistem yang ada.

"Yang kita lakukan mengikuti sistem yang dibuat pemerintah. Dari musyarawah perencanaan pembangun, masyarakat usul kita tindak lanjuti," kata dia, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Menurut dia, yang terpenting dalam menata kota ialah membangun terlebih dahulu kepercayaan. Dengan begitu, maka masyarakat akan turut terlibat sendiri.

"Kalau sistem masyarakat percaya maka kemudian masyarakat secara sukarela memberikan partisipasinya. Kalau sering dikecewakan, nggak ditanggapi, mereka hopeless," lanjutnya.

Dia menceritakan, kepercayaan itu dibangun dengan memanfaatkan layanan online. Dengan layanan itu, masyarakat bisa mengusulkan dan melaporkan apa saja yang sedang terjadi di Surabaya. Termasuk di dalamnya, mengenai pemukiman kumuh.

Pemanfaatan layanan itu, kata dia mampu memangkas ribuan pemukiman kumuh dalam setahun. "1.000 lokasi paling sedikit, bisa 1.300 kadang banyak sekali," tukas dia. (Amdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.