Sukses

Subsidi BBM Tahun Depan Turun 3 Kali Lipat dari Era SBY

Pemerintah akan menurunkan subsidi BBM pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago mengungkapkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) tahun depan akan turun 3 kali lipat dibandingkan era Presiden SBY.

"Tinggal sedikit. Tahun ini Rp 260 triliun, sudah dialihkan jadi sekitar Rp 70 triliun tahun depan," kata Andrinof di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Namun dia memastikan subsidi untuk listrik tidak akan turun. Namun, dia mengaku tak tahu pasti seberapa besar subsidi listrik di tahun depan.

"Tinggal listrik (subsidi tidak naik). Tidak tahu itu, ya tarifnya tahun depan nggak naik," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan penghapusan premium atau Ron 88, Andrinof menuturkan hal itu tidak masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional atau RPJMN.

Menurutnya, kebijakan praktis tak harus masuk rencana tersebut. "Belum-belum masuk. itu kan sudah tahap implementasi, kebijakan praktis tidak harus masuk RPJMN," tutur dia. (Silvanus/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.