Sukses

Pemerintah Carikan Pertamina Utangan Buat Perbaiki Kilang Minyak

Pertamina pun bisa menggandeng dengan perusahaan lain untuk membangun maupun meningkatkan kapasitas dan kualitas kilang minyak yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan kualitas pengolahan (upgrade) kilang minyak didukung pemerintah melalui pemberian pinjaman bilateral.
 
Hal ini menyusul pernyataan Tim Rekomendasi Tata Kelola Migas agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut memproduksi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi, seperti RON 92 atau Pertamax. 
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, mengatakan pemerintah akan mengupayakan pinjaman bilateral maupun multilateral agar Pertamina dapat memperbaiki kilang minyak, selain pendanaan dari internal maupun eksternal. 
 
"Pertamina bisa menyelesaikan sendiri, tapi pinjaman bilateral mungkin diperlukan dalam rangka mendukung Pertamina meng-upgrade kilang tersebut," tutur dia di Jakarta, Senin (22/12/2014). 
 
Katanya, Pertamina pun bisa menggandeng dengan perusahaan lain untuk membangun maupun meningkatkan kapasitas dan kualitas kilang minyak yang ada.
 
Pemerintah juga akan memanfaatkan skema Kerjasama Pemerintah Swasta (Public Privat Partnership/PPP) untuk merealisasikan program prioritas ini.
 
"Pemerintah punya program PPP membangun satu kilang baru. Itu peran Pertamina, dilaksanakan dengan partner internasional mereka. Pemerintah akan menawarkan salah satu program KPS untuk kilang minyak itu," ucap Sofyan.(Silvanus/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.