Sukses

Intip Jadwal Kliring BI Selama Libur Natal & Tahun Baru

Jumat, 2 Januari 2015, pelayanan kliring kredit beroperasi normal. Namun kliring debit Jakarta dan Surabaya tidak menerima pengembalian.

Liputan6.com, Jakarta - Selama libur Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia (BI) menyesuaikan jam operasional dan kegiatan pelayanan non tunai, yakni Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Simak jadwal operasi pelayanan non tunai BI.

Deputi Direktur Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran, Irwan Zubir mengatakan BI meliburkan operasi layanan transaksi melalui SKNBI pada tanggal 25 dan 26 Desember 2014 (Kamis dan Jumat). Lalu kembali beroperasi secara normal pada Senin dan Selasa 29-30 Desember ini.

"Pada Rabu, 31 Desember 2014 layanan kliring kredit tetap buka untuk sesi pagi dan siang secara penuh," ujar dia di Gedung BI, Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Sementara untuk kecukupan modal awal supaya bank dapat berinteraksi nasional dengan kliring kredit dan debit, BI akan membuka pelayanan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Jakarta dan Surabaya pada akhir tahun ini.

Pelayanan kliring debit di Jakarta dan Surabaya hanya khusus untuk kliring pengembalian yang diproses satu hari sebelumnya. "Jadi pada 30 Desember ini, bank-bank mengirim warkat ke kami, lalu diproses dan dikembalikan ke bank lagi. Returnnya keesokan harinya di tanggal 31 Desember. Sedangkan penyerahan ditiadakan," jelas Irwan.

Dikatakan dia, tanggal 1 Januari 2015 (Kamis) pelayanan kliring kembali libur. Sementara Jumat, 2 Januari 2015, pelayanan kliring kredit beroperasi normal. Namun kliring debit untuk Jakarta dan Surabaya tidak menerima pengembalian.

"Untuk privannya berlangsung normal. Dan BI akan melayani lagi transaksi kliring debit dan kredit penuh mulai Senin, 5 Januari 2015," pungkas Irwan. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.