Sukses

Bos BRI Sofyan Basir Ditunjuk Jadi Dirut PLN

Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk Bos BRI Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Nur Pamudji.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menunjuk Bos BRI Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Nur Pamudji.

Pemilihan tersebut dilakukan setelah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Gedung Kementerian BUMN pada sore ini.

"Kami mengaggap dibutuhkan putra terbaik untuk mempin PT PLN ini sehingga kami dengan keputusan presiden pada hari ini menjuk pak Sofyan Basir menjadi Presiden direktur PT PLN," kata Rini di Kementerian BUMN, Selasa (23/12/2014).

Selain Rini, pengumuman tersebut juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Dengan terpilihnya Sofyan Basir, maka menambah deretan Bos BUMN non perbankan yang memiliki latar belakang seorang bankir. Sebelumnya telah ada Ignasius Jonan sebagai mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Emirsyah Satar yang juga sebagai ‎mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines (Persero).

Sofyan Basir sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank BRI sejak 17 Mei 2005 dan terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010.‎

Seperti diketahui, pelaksanaan RUPSLB tersebut dilakukan mengingat Direktur Utama sebelumnya Nur Pamudji mengajukan mundur dari jabatannya sejak Dahlan Iskan menjadi Menteri BUMN. (Yas/Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.