Sukses

Ini Profil Sofyan Basir, Bankir yang Kini Nahkodai PLN

Kemampuan manajerial Sofyan ditempa di Bukopin.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Direktur Utama PT PLN (Persero) yang baru yaitu Sofyan Basir. Di lingkungan BUMN, Sofyan Basir bukan nama baru. Sebelumnya Sofyan Basir juga menjadi direktur utama di perusahaan pelat merah yaitu di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Sofyan menduduki posisi Direktur Utama Bank BRI selama dua periode. Pertama ia ditunjuk pada 17 Mei 2005 dan kemudian terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010.

Sofyan Basir memang besar di industri keuangan, khususnya perbankan. Sebelum di BRI, ia menduduki jabatan Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk. Karier perbankan Sofyan dimulai pada tahun 1981 di Bank Duta, dilanjutkan pada 1986 dengan bergabung di Bank Bukopin.

Kemampuan manajerial Sofyan ditempa di Bukopin. Di bank yang dulu dimiliki oleh Koperasi Pegawai Bulog itu ia menduduki beberapa jabatan manajerial seperti Direktur Komersial, Group Head Line of Business, dan juga menjadi Pimpinan di beberapa cabang di beberapa kota besar Indonesia.

Dia meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti, Jakarta pada 1980, dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta pada 2010. Gelar Doktor Kehormatan diperoleh dari Universitas Trisakti, Jakarta pada 2012.

Pria yang selalu berkumis kelahiran 2 Mei 1958 ini telah mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan baik di dalam maupun luar negeri, di antaranya:

  • Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt)
  • Eksekutif Manajemen Risiko, ABN Amro (Denpasar)
  • Islamic Finance Forum (Swiss)
  • Seminar Business Continuity Planning, Ernst & Young SESPIBANK (Jakarta)
  • Strategy Development Session, IBM
  • Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance.

(Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini