Sukses

Mekanisme Subsidi BBM akan Diputuskan Hari Ini

Opsi yang akan dibahas dan diputuskan telah mengerucut pada dua hal, yaitu penggunaan subsidi tidak tetap atau subsidi tetap.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menggelar pertemuan yang akan memutuskan bentuk mekanisme subsidi bahan bakar minyak (BBM) pada Rabu (24/12/2014) ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Mineral dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Naryanto Wagimin mengatakan opsi yang akan dibahas dan diputuskan telah mengerucut pada dua hal, yaitu penggunaan subsidi tidak tetap atau subsidi tetap (fixed subsidy).

"Dari Kemenkeu (Kementerian Keuangan) sudah mengerucut antara tetap sama nggak tetap. Besok (hari ini) akan ditentukan," ujarnya di Kantor Kementerian Perekonomian, Selasa (23/12/2014) malam.

Sementara itu, terkait usulan dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas tentang penghapusan BBM ron 88, Wagimin mengatakan hal tersebut masih harus dibahas secara mendalam. Pasalnya kilang minyak yang dimiliki Pertamina selama ini menghasilkan BBM dengan ron tersebut.

"Sekarang masalahnya kilang Pertamina yang produksi ron 88 mau diapakan. Itu makanya tim reformasi boleh saja berikan pendapat, tetapi akan ditentukan besok (hari ini)," kata dia.

Menurut dia, pihak Kementerian ESDM bukan menolak usulan ini, tetapi hal tersebut memang harus dibicarakan dengan Pertamina. Namun solusinya bisa melalui peningkatan kualitas pengolahan minyak yang dimiliki oleh Pertamina.

"Pemerintah bukan menolak, tetapi kita koordinasi dulu dengan Pertamina, baru ambil keputusan. Pertamina kan ada upgrading kilang, dan bangun baru. Dananya dari Pertamina dan Kemenkeu," tandasnya.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.