Sukses

3 Negara Ini Jadi Tumpuan Ekspor RI di 2015

Kinerja ekspor non-migas Indonesia diperkirakan akan tumbuh positif pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja ekspor non-migas Indonesia diperkirakan akan tumbuh positif pada tahun depan. Setidaknya, ada tiga negara yang bisa menjadi andalan Indonesia sebagai pasar ekspor pada 2015.

Pertama, yaitu Amerika Serikat (AS) dimana ekonominya diperkirakan akan tumbuh dengan baik tahun depan. Selama ini negara tersebut menjadi salah satu pasar terbesar bagi Indonesia.

"Permintaan akan naik kita akan terbawa, apalagi dolar masih akan tetap Rp 12 ribu, dalam beberapa bulan kedepan. Tarikan pasar AS akan menentukan, dan yang paling dapat benefit itu adalah produk karet," ujar Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/12/2014).

Selain AS, pasar Jepang dan Korea juga sangat menentukan. Kondisi ekonomi kedua negara tersebut diperkirakan masih akan sama seperti tahun ini. Dengan demikian Indonesia juga mengandalkan kedua negara tersebut untuk tingkatkan ekspor.

"Setidaknya pertumbuhan Jepang dan Korea sama seperti tahun ini. Kalau China masih tanda tanya karena saat growth turun tapi impornya naik, terutama dalam sektor energi dan bahan baku. Kalau China bisa sama dengan tahun ini sudah bagus. Kalau Eropa masih belum kelihatan. Yang lain masih kecil," jelas dia.

Sementara itu, masuknya Indonesia ke dalam pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 juga akan ikut mendongkrak ekspor non-migas Indonesia. Pasalnya 25 persen ekspor Indonesia masuk ke kawasan tersebut.

"Tahun depan akan ada MEA, perlu diingat bahwa 25 persen ekspor Indonesia itu ke negara-negara ASEAN. Kalau melihat itu, ekspor kita akan sedikit lebih tinggi dari skrng. Secara garis besar, pada 2015 ekspor kita akan lebih baik dibanding tahun ini," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini