Sukses

Menteri ESDM Temui Jokowi, Kebijakan Baru BBM akan Diumumkan?

Pemerintah memastikan bakal mengumumkan kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) baru sebelum 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said Selasa (30/12/2014) pagi ini menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Tanpa ditemani siapapun, Sudirman datang di halaman belakang Istana Kepresidenan pukul 08.55 WIB dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih.

Ketika turun dari mobil, saat dikonformasi mengenai agenda pertemuan apakah akan berkoordinasi terkait rencana pengumuman penetapan skema subsidi tahun 2015, Sudirman masih belum gamblang menjelaskannya.

"Belum, nanti masih dirapatin dulu dengan Pak Menko (soal kebijakan subsidi),"‎ kata Sudirman di Istana Kepresidenan, Selasa (30/12/2014).

Mengenai bahasan lengkap pertemuan dengan presiden pagi ini‎, Sudirman mengaku akan menjelaskan usai pertemuan.

Pemerintah memastikan bakal mengumumkan kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) baru sebelum 2015. Sehingga mulai 1 Januari tahun depan, masyarakat akan membeli BBM dengan harga baru.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan berkoordinasi terkait opsi kebijakan harga BBM baru di sisa waktu tahun ini. Tentunya dengan melihat pertimbangan harga minyak dunia dan harga keekonomian saat ini.
 
"Kita akan putuskan kebijakan harga BBM baru sebelum tahun baru. Jadi per 1 Januari 2015, masyarakat akan membeli BBM dengan harga baru," tegas dia.

Namun Sofyan belum bersedia mengumbar informasi detail apakah harga BBM baru itu akan lebih tinggi atau lebih rendah atau berlaku untuk jenis BBM apa saja.
 
"Pokoknya untuk BBM. Yang mesti diatur pemerintah kan premium, solar dan minyak tanah. Lihat saja nanti, sabar," ucapnya menenangkan wartawan.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Liputan6.com, tiga menteri menggelar rapat tertutup antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sejak pukul 08.00 WIB di kantor Kemenko Perekonomian.

Namun sekira pukul 08.45 WIB, Sudirman Said meninggalkan kantor Kemenko tergesa-gesa. Saat dikonfirmasi mengenai keputusan opsi kebijakan harga BBM baru, mantan Direktur Utama PT Pindad itu hanya menjawab singkat.

"Nanti siang mau dibahas," kata Sudirman kepada wartawan tanpa membocorkan lokasi pembahasan kebijakan harga BBM baru.

Sampai berita ini diturunkan, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro masih berada di ruang rapat bersama dengan Menko Perekonomian.(Yas/Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini