Sukses

Dubai Gelar Pesta Kembang Api Termahal di Malam Tahun Baru

Dari sekian banyak pesta kembang api saat malam tahun baru, dimana pesta kembang api termahal di dunia?

Liputan6.com, New York - Pergantian tahun lazimnya dirayakan dengan menyalakan kembang api. Begitu juga dengan malam tahun baru 2015 yang baru saja selesai dirayakan semalam. Di banyak belahan dunia pesta kembang api diselenggarakan, baik dalam skala kecil, menengah, hingga yang terhitung spektakuler.

Dari berbagai pesta kembang api tersebut, ternyata ada satu tempat yang mencatatkan rekor sebagai tempat dengan pesta kembang api termahal di dunia. Tempat tersebut tidak lain adalah Dubai, salah satu kota termegah di Uni Emirat Arab.

Dikutip dari The Guardian pada Kamis (1/1/2014), biaya yang dikeluarkan untuk pesta kembang api dalam malam tahun baru di Dubai mencapai US$ 6 juta atau Rp 74,3 miliar (estimasi kurs: Rp 12.387 per dolar AS). Total biaya ini membuat Dubai menjadi kota dengan kembang api termahal di dunia mengalahkan Sydney, London, Edinburgh dan Rio de Janeiro.

Adapun jumlah kembang api yang disediakan pada malam tahun baru berjumlah 500 ribu buah. Secara keseluruhan, pesta kembang api ini berlangsung selama 6 menit saja. Itu artinya, satu menit perayaan kembang api di Dubai menghabiskan biaya hingga Rp 12,3 miliar.

Bukan hanya kembang apinya saja yang mahal, ternyata, tempat untuk merayakan pesta kembang apinya pun tidak kalah mahalnya. Burj Khalifa, lokasi dimana pesta kembang api dilakukan, adalah juga salah satu gedung termahal di dunia.

Gedung yang selesai dibangun pada tahun 2010 ini menghabiskan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun.

Kira-kira, setelah membuat rekor perayaan kembang api termahal di dunia saat malam tahun baru, rekor apalagi ya yang akan dibuat Dubai? Kita tunggu saja. (Rio/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.