Sukses

Butuh Rp 1,3 Triliun untuk Selesaikan Masalah Banjir di Bandung

Biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan waduk sekitar Rp 150 miliar sampai Rp 200 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandy menyatakan bahwa pemerintahan memiliki keseriusan dalam menangani permasalahan bencana alam yang kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya banjir di Baleendah, Bandung, Jawa Barat yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, setidaknya dibutuhkan tiga langkah besar dalam penanggulangan masalah banjir ini. Pertama yaitu melakukan relokasi penduduk dari tempat yang menjadi mangkuk sumber banjir. Kedua, membangun waduk penyerapan air minimal seluas 5 hektar (ha) dan lakukan sodetan di anak-anak sungai yang menuju aliran sungai Citarum.

"Ketiga, kita harus melakukan perbaikan hulu seperti penghijauan hutan, pengembalian lahan-lahan hutan di sepanjang sungai, dan pengerukan panjang sampai muara hilirnya di sungai Cirata sekitar 300 kilo meter," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/1/2015).

Menurutnya, biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan waduk sekitar Rp 150 miliar sampai Rp 200 miliar. Proses ini diperkirakan bisa selesaikan dalam waktu 1 tahun.

"Namun secara komprehensif untuk biaya keseluruhan mencapai Rp 1,3 triliun dengan jangka waktu 3 tahun," lanjutnya.

Untuk memuluskan rencana ini, Yuddy menyatakan bahwa dibutuhkan dukungan lintas sektoral dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa berperan sebagai payung koordinasi pusat.

Dirinya juga mengaku telah menggelar pertemuan dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Menteri PU Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk membahas roadmap penanggulangan banjir tersebut.

"Saya atas petunjuk Presiden memfasilitasi  Gubernur Jabar  ke Wapres. Saya juga mengajak Menteri PU Perumahan Rakyat dan pelaksana teknis Sungai Citarum yaitu Balai Besar Sungai Citarum. Dalam pertemuan tersebut disampaikan roadmap penanggulangan banjir di wilayah Bandung," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.