Sukses

Menteri Susi Yakin RI Bisa Swasembada Garam Tahun Ini

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yakin target swasembada garam nasional bisa tercapai pada akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yakin target swasembada garam nasional bisa tercapai pada akhir tahun ini.

Menurutnya, jika segala hal dilakukan secara maksimal untuk mencapai swasembada ini, bukan tidak mungkin target tersebut bisa tercapai.

"Akhir 2015 harus bisa kita swasembada garam. Jangan 2017, masa garam mau swasembada saja harus tunggu 2 tahun," ujarnya di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Senin (5/1/2014).

Dia menjelaskan, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan target ini yaitu dengan mulai berhenti melakukan impor garam.
"Kita berhentikan semua impor. Kalau kekurang baru teriak. Jangan hanya demi kepentingan segelintir pengusaha (importir), swasembada kita tertunda," lanjutnya.

Untuk urusan teknologi penghasil garam, Susi mengatakan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang sulit. Jika tidak mampu menciptakan teknologi ini, Indonesia bisa membelinya asal target swasembada tercapai.

"Teknologi kita bisa beli, kita tidak kekurangan uang. Kita tidak kekurangan uang kalau tidak subsidi BBM. Pengalihan ini untuk swasembada garam," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini