Sukses

Lebih dari Lima Daerah di Papua Jadi Sentra Pangan Lokal

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan program Papua sebagai lumbung pangan nasional.

Liputan6.com, jayapura - Kamar Dagang Industri (Kadin) Papua mengklaim lebih dari lima kabupaten bisa menjadi sentra panganan lokal, diantaranya Merauke telah tersedia sekitar 35 ribu hektar untuk dapat ditanami tanaman pangan, tanaman hortikultura dataran rendah, misalnya padi dan jagung, Nabire, Jayapura dan Keerom bisa ditanami padi, kemudian sejumlah kabupaten di Pegunungan Tengah Papua bisa ditanami umbi-umbian.

Wakil Ketua Bidang Pertanian Kadin Papua, Iriansyah menuturkan, saat ini untuk menanami tanaman sagu di Papua hampir sulit. Sagu juga mulai hilang dibeberapa kabupaten penghasil sagu, akibat percepatan pembangunan.

“Dari sisi produksi pangan, tanaman padi paling cepat panen. Padi hanya membutuhkan 3 bulan untuk panen, sementara umbi-umbian dibutuhkan waktu 9 bulan. Sedangkan sagu membutuhkan waktu panen hingga 8 tahun,” ujarnya, Selasa (6/1/2015).

Hal ini juga yang menyebabkan hampir sebagian masyarakat Papua telah mengkonsumsi beras dibandingkan dengan panganan lokal lainnya. Apalagi program pemerintah untuk raskin tembus hingga pedalaman Papua.

“Program raskin ini pada dasarnya kurang cocok di Papua, sebab Papua belum dapat swasembada beras. Apalagi jika dalam pengiriman raskin dari Pulau Jawa atau daerah lain, sering terkendala dengan cuaca buruk,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya berharap pemerintah membuka lahan baru untuk sentra pertanian untuk penguatan pangan lokal. “Walaupun beras tetap dibutuhkan oleh masyarakat Papua, namun pangan lokal tak bisa dihilangkan sebagai makanan pengganti beras,” ungkapnya.

Sebelumnya akhir 2014 lalu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mencanangkan program Papua sebagai lumbung pangan nasional dengan cara melalui pengembangan industri berbasis komoditas di wilayah itu. Sejumlah komoditi yang diharapkan dapat menunjang lumbung pangan nasional itu adalah padi, jagung, kedelai, kacang tanah, sagu, ubi, sayur mayur dan buah-buahan. (Katharina Janur/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini