Sukses

Harga Emas Gapai Level Tertinggi dalam 3 Pekan

Ini memperpanjang keuntungan pada pembelian safe haven seiring merosotnya pasar saham.

Liputan6.com, New York - Harga emas melonjak lebih dari 1 persen ke level tertinggi dalam tiga minggu pada Rabu (7/1/2015) ini.

Melansir laman Reuters, ini memperpanjang keuntungan pada pembelian safe haven seiring merosotnya pasar saham  di tengah memuncaknya kekhawatiran atas masa depan Yunani di zona euro dan penurunan harga minyak.

Harga emas di pasar Spot naik 1,1 persen menjadi US$ 1,216.45 per ounce, setelah sebelumnya menyentuh puncaknya di posisi US$ 1.222,40 per ounce, merupakan posisi tertinggi sejak 15 Desember.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari ditutup naik 1,3 persen menjadi US$ 1.219,40 per ounce. Harga emas di euro mencapai level tertinggi sejak September 2013 di US$ 1.024,21 per ounce.

Ketidakpastian politik di Yunani menjelang pemilu di negara itu pada 25 Januari telah memperbaharui kekhawatiran kemungkinan keluarnya Yunani dari zona euro.

Selain itu, indeks S & P 500 yang jatuh di bawah level 2.000 untuk pertama kalinya sejak 17 Desember,  dan dolar AS berbalik lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang utama.

"Ada penerbangan untuk mencari selamat sekarang ini," jelas Phillip Streible, Broker Komoditas Senior di RJO Futures.

Penurunan S & P di bawah 2.000 mendorong pembelian emas. Juga,kenaikan harga emas di atas 100-hari rata-rata di US$ 1.216,16 ikut memacu pembelian teknis.

Investor juga bingung dengan penurunan harga minyak ke posisi terendah dalam 5-1/2 tahun di mana minyak mentah berjangka turun lebih dari 4 persen, memperpanjang penurunan tajam karena kekhawatiran atas pasokan global yang intensif.

Ketidakpastian mendorong investor untuk membeli aset yang dianggap menawarkan keselamatan seperti obligasi pemerintah Jerman, yen Jepang, dan emas.

"Ada banyak risiko di luar sana, yang mendukung, terhubung ke zona euro, kemungkinan perlambatan di China. Emas kembali sebagai lindung nilai risiko safe haven," kata analis Citi David Wilson. (Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas