Sukses

Terserempet Harga Minyak, Bursa Asia Kembali Tenggelam

Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,3 persen menjadi 134,57 pada pukul 09.30 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Singapura - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (bursa Asia) kembali tenggelam dipimpin oleh saham-saham di sektor energi. Penurunan bursa Asia masih dipicu oleh sentimen penurunan harga minyak mentah.

Mengutip Bloomberg, Rabu (7/1/2015), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,3 persen menjadi 134,57 pada pukul 09.30 waktu Tokyo, Jepang.

Penurunan Indeks Asia pada hari ini melanjutkan apa yang terjadi pada sehari sebelumnya. Kemarin, Indeks Asia merosot 1,7 persen dan Indeks Standard and Poor 500 turun untuk hari kelima, memperpanjang penurunan yang terjadi salam 13 bulan terakhir.

Indeks Topix Jepang turun 0,5 persen. Terjadi short selling di Bursa Efek Tokyo pada perdagangan kemarin dengan porsi mencapai 37,8 persen dari total perdagangan.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,2 persen. Indeks Asutralia S&P/ASX 200 turun 0,6 persen. Sementara Indeks NXZ Selandia Baru turun 0,2 persen.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate tenggelam di bawah US$ 48 per barel di New York, Amerika Serikat (AS), memicu keprihatinan global.

"Dengan pasar saham Amerika yang terus berada tekanan, memberikan sentimen kepada bursa regional termasuk bursa Asia,"tutur analis IG Ltd, Evan Lucas.

Kemungkinan besar, bursa akan terus tertekan sampai dengan harga minyak sampai kepada titik keseimbangan baru.(Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.