Sukses

Harta Bill Gates Setara Kekayaan 10 Negara

Harta orang terkaya di dunia, Bill Gates ternyata setara dengan kekayaan 10 negara.

Liputan6.com, Los Angeles - Daftar orang terkaya terbaru yang dikeluarkan oleh Forbes pada Desember 2014 lalu menempatkan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Total kekayaan tersebut diraih Gates dari Microsoft Corporation, perusahaan yang didirikannya bersama miliarder lain, Paul Allen.

Menurut data dari Forbes, total kekayaan Bill Gates sampai dengan Desember 2014 adalah sebanyak US$ 81,9 miliar atau sekitar Rp 1.041 triliun rupiah (Kurs: Rp 12.721/US$).

Kekayaan ini sungguh merupakan angka yang fantastis. Salah satu contohnya adalah perbandingan sebagai berikut: kekayaan satu orang Bill Gates saja ternyata setara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) 10 negara Afrika. PDB sendiri adalah nilai akumulatif dari semua barang dan jasa yang diproduksi dalam lingkup wilayah tertentu.

Berdasarkan data yang diambil dari situs World Bank pada Kamis (8/1/2014), kekayaan Bill Gates setara dengan akumulasi PDB negara Senegal, Republik Congo, Zimbabwe, Madagaskar, Niger, Guinea, Togo, Lierra Leone, Malawi dan Lesotho.

Jika di total, jumlah keseluruhan PDB 10 negara Afrika tersebut bahkan hanya mencapai US$ 80,6 miliar atau sekitar Rp 1.025 triliun. Lebih sedikit dari harta satu orang Bill Gates.

Dari total PDB 10 negara itu, negara Senegal memiliki PDB tertinggi, yaitu sebanyak US$ 14,7 miliar. Kemudian, PDB tertinggi hingga terendah diikuti oleh Republik Congo US$ 14 miliar, Zimbabwe US$ 13,4 miliar, Madagaskar US$ 10,6 miliar, Niger US$ 7,4 miliar, Guinea US$ 6,1 miliar, Togo US$ 4,3 miliar, Sierra Leone US$ 4,1 miliar, Malawi US$ 3,7 miliar dan Lesotho sebanyak US$ 2,3 miliar.

Jajaran miliarder dunia memang membengkak menjadi 1.645 orang, termasuk di dalamnya mereka yang terhitung pendatang baru. Menurut Oxfam, harta 85 orang terkaya bahkan setara dengan setengah penduduk termiskin di dunia yang mencapai angka 3,5 miliar orang. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.