Sukses

Harga Premium RI Lebih Mahal dari Pertamax di AS

Anjloknya harga minyak dunia bikin harga BBM Ron 92 atau setara Pertamax di Amerika Serikat lebih murah dibanding premium yang dijual di RI.

Liputan6.com, Jakarta- Anjloknya harga minyak dunia membuat harga bahan bakar minyak (BBM) Ron 92 atau setara pertamax di Amerika Serikat (AS) lebih murah dibanding premium yang dijual di Indonesia.

Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Faisal Basri mengatakan, harga pertamax di Amerika Serikat hari ini dibanderol Rp 7.200 per liter sudah termasuk pajak US$ 40 sen atau 20 persen per galon. Sedangkan premium di Indonesia dipatok Rp 7.600 per liter.

"Hari ini, premium di Indonesia lebih mahal dibanding Ron 92 di Amerika," kata Faisal di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Menurut Faisal, lebih murahnya harga Pertamax di negeri Paman Sam tersebut karena patokan perubahan mengikuti harganya dalam hitungan per hari, sedangkan Indonesia per bulan.

"Karena kilang di sana bisa olah minyak apa saja, kemudian juga Indonesia penggunaan waktunya sebulan lalu," tuturnya.

Faisal menambahkan, jika berkaca pada harga minya yang terus anjlok, diperkirakan harga BBM akan mengalami penurunan bulan depan karena merosotnya harga minyak dunia belakangan ini.

"Harga minyak sudah US$ 47,99 per barel jika kurs stabil Rp 12.500, harga sekarang ya turun," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.