Sukses

Tiga BUMN Cari Dana di Pasar Modal pada 2015

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 30 triliun untuk penyertaan modal negara (PMN) kepada sejumlah BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyatakan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan privatisasi dalam bentuk rencana penerbitan saham baru atau rights issue pada tahun ini. Dan pemerintah siap menyerap rights issue perusahaan pelat merah tersebut.

"Yang sudah diusulkan (privatisasi) tiga BUMN," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Saat ditanyakan lebih jauh mengenai nilai rights issue maupun anggaran penyerapan saham baru BUMN tersebut, dia masih bungkam. "Nanti, kita belum bahas sama sekali," paparnya.

Sebelumnya, Mantan Menteri BUMN era Pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I ini mengaku, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran sekira lebih dari Rp 30 triliun untuk suntikkan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada sejumlah perusahaan pelat merah.

Suntikan modal itu akan diberikan pada BUMN go public maupun non listed yang fokus pada infrastruktur, perbankan dan sebagainya. Bagi BUMN yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia, lanjut Sofyan, mekanisme penyuntikkan modal melalui penyerapan rights issue BUMN.

"Mekanisme suntikan modal kalau untuk BUMN listing lewat penerbitan saham baru (rights issue), sementara non publik akan diberikan PMN. Jadi pemerintah akan membeli saham yang menjadi haknya di perusahaan publik," jelas dia. (Fik/Ahm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

Video Terkini