Sukses

Menteri ESDM Bakal Kumpulkan Manajemen BUMN Tambang

Kementerian ESDM akan mengumpulkan manajemen perusahaan BUMN di sektor tambang untuk memecahkan masalah dihadapi perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan mengumpulkan manajemen perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pertambangan pada Sabtu 10 Januari 2015 di Bandung, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R. Sukhyar menyebutkan, perusahaan tersebut adalah PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, serta PT Bukit Asam (persero).

"Nantinya kami sampaikan ke pak Menteri Sabtu besok di Bandung," kata Sukhyar di Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Menurut Sukhyar, pemanggilan perusahaan tersebut untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi perusahaan. Dalam hal ini Sukhyar mengkategorikan  dua  permasalahan yaitu umum dan khusus. Permasalahan umum adalah yang sama dihadapi perusahaan seperti  izin pinjam pakai kawasan hutan dan persoalan pertambangan ilegal. Sedangkan khusus, biasanya masalah yang berbeda pada setiap perusahaan.

"Ada persoalan yang sama di semua BUMN dan ada persoalan khusus. Nantinya kami sampaikan," ungkapnya.

Sukhyar mengungkapkan, jika permasalahan perusahaan tambang tersebut terkait dengan Kementerian ESDM akan lebih mudah diselesaikan. Tetapi jika dengan instansi lain akan dilakukan  pertemuan lebih mendalam.

"Pemecahan masalah itu kan ada dua pendekatan. Artinya kalau ke Kementerian lain kan perlu ada pendekatan bilateral meeting," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

Video Terkini