Sukses

Ribuan Foto Supermarket Kosong di Venezuela Gegerkan Twitter

Warga Venezuela terus menerus mengalami kelangkaan bahan pokok. Rbuan foto supermarket kosong di Venezuela membanjiri media sosial

Liputan6.com, Caracas Kelangkaan produk pangan dan kebutuhan sehari-hari bukan hal baru di Venezuela. Selama beberapa tahun terakhir, warga Venezuela terus menerus mengalami kelangkaan bahan pokok khususnya mereka yang tinggal di luar ibukota, Caracas.

Namun beberapa waktu belakangan ini, ribuan foto supermarket kosong di Venezuela membanjiri berbagai media sosial pekan ini. Bahkan hastag #AnaquelesVaciosEnVenezuela (Rak-rak kosong di Venezuela) menjadi tren Twitter di seluruh dunia dengan lebih dari 200 ribu tweet.

Mengutip laman BBC, Jumat (9/1/2015), tren tersebut dimulai saat tahun baru ketika seorang fotografer bernama Alenjandro Cegarra melihat antrean panjang di sebuah supermarket. Saat mencoba mengambil gambar tersebut, dirinya justru diusir oleh petugas supermarket.

Untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari, warga Venezuela harus menjelajah ke beberapa supermarket. Kadang malah harus pulang tanpa membawa hasil.

Meski kondisi kelangkaan bahan pokok sudah semakin parah, tapi tak ada pemberitahuan dari pemerintah mengapa kelangkaan tersebut bisa terjadi. Disalahkan rakyat, pemerintah justru menyatakan kondisi tersebut dipicu konspirasi antara penduduk kaya dan miskin.

Foto kontroversial pertama datang dari Oliver Laufer yang bekerja sebagai pilot penerbangan komersil dan memiliki 14 ribu follower di akun Twitter pribadinya. Dia secara terang-terangan memasang foto antrean warga yang sedang mengantre hanya untuk mendapatkan sabun di supermarket.

Menegaskan dirinya melawan pemerintah, dirinya juga memberikan keterangan foto yang cukup provokatif.

"Dilarang mengambil foto rak-rak kosong dan orang-orang mengantre untuk membeli sabun," kicau pemilik akun @Excelsior_Gama tersebut.

Manajer Pemasaran Excelsior Gama, Natacka Ruiz mengatakan, pihak supermarket memang melarang penggunaan kamera sebagai salah satu dari strategi pemasaran. Dia menjelaskan betapa banyak uang yang harus dihabiskan untuk menemukan cara terbaik dalam menampilkan barang-barang kami pada konsumen.

"Kenapa orang tidak boleh mengambil foto rak yang kosong? Itu bentuk perlindungan privasi kantor kami," ujarnya.

Pekan ini, terdapat spekulasi lebih jauh mengenai kelangkaan produk bahan pokok di Venezuela. Itu lantaran McDonalds mulai mengganti kentang goreng dengan keripik singkong atau alternatif lain.

Sejauh ini, alasan di balik penggantian tersebut masih simpang siur.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini