Sukses

Ini Harapan Menkeu Terhadap Bos Baru Direktorat Pajak

"Dirjen Pajak yang saya harapkan itu pertama yang bisa bekerja sama dengan saya, jadi chemistry itu harus ada," kata Bambang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan telah menyerahkan empat nama calon Direktorat Jendral Pajak ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang langsung diketuai oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengaku, pemilihan empat nama dari sebelumnya tujuh nama tersebut adalah yang terbaik dan sesuai dengan kompetensi yang dipenuhi untuk menjadi Dirjen Pajak. Namun begitu, Bambang mengaku memiliki harapan tersendiri bagi siapapun nantinya yang menjadi Dirjen Pajak.

"Dirjen Pajak yang saya harapkan itu pertama yang bisa bekerja sama dengan saya, jadi chemistry itu harus ada," kata Bambang di Gedung Dirjen Pajak, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Hal itu dinilai penting mengingat sektor pajak tahun 2015 akan lebih digenjot dengan ditargetkan penerimaan pajak di APBNP 2015 sekitar Rp 1.300 triliun dari sebelumnya di APBN 2015‎ hanya sekitar Rp 900 triliun.

Peningkatan penerimaan pajak tersebut diakui Bambang menjadi tantangan tersendiri yang harus ditepati pemerintahan Jokowi untuk meningkatkan pembiayaan negara dalam setiap tahunnya.

‎"Karena masalah besar mengejar itu tadi (target penerimaan), dan harus ada terobosan-terobosan luar biasa‎, kalau tidak itu akan sulit tercapai," tegasnya.

Meski yang bertanggung jawab langsung atas penerimaan pajak adalah Dirjen Pajak, namun dikatakan Bambang, Menteri Keuangan juga harus mengikuti dan memberikan berbagai masukan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.