Sukses

61 Penerbangan Dibekukan, Masyarakat Minta Ganti Rugi ke Maskapai

Menhub Jonan Ignasius menuturkan, maskapai bisa kembali mengajukan izin penerbangan ke Kemenhub terkait ada 61 penerbangan dibekukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membekukan 61 penerbangan dari 5 maskapai penerbangan. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pembekuan dilakukan lantaran memiliki izin bermasalah.

Dia bilang bagi masyarakat yang telah membeli tiket pesawat supaya meminta pertanggungjawaban pada masing-masing maskapai.

"Beli tiketnya ke siapa? Ya ditagih maskapainya," kata dia, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Jonan menerangkan, pembekuan tersebut merupakan tindak lanjut dari investigasi jatuhnya pesawat Air Asia berkode penerbangan QZ 8501. Pembekuan itu berdasarkan audit pada 5 wilayah otoritas bandara.

"Dari Inspektorat Jenderal untuk melakukan pemeriksaan pada wilayah 5 otoritas bandara. Wilayah I Cengkareng, wilayah II Medan, wilayah III Surabaya, wilayah IV Makasar, dan V Denpasar," jelas dia.

Adapun rinciannya, papar Jonan, Garuda Indonesia sebanyak 4 pelanggaran, Lion Air 35 pelanggaran, Wings Air 18 pelanggaran, Trans Nusa 1 pelanggaran, dan Susi Air 3 pelanggaran.

Jonan menambahkan, agar bisa terbang,  maskapai  bisa mengajukan kembali izin penerbangan ke Kemenhub. "Tidak boleh terbang, meminta maskapai tersebut  mengajukan izin. Dengan persayaratan yang lengkap," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini