Sukses

Miliarder Sumbangkan Rp 1,5 Triliun ke Bekas Sekolah

Seorang miliarder asal Hong Kong sumbang dana untuk mantan sekolahnya. sumbangan ini salah salah satu sumbangan terbesar.

Liputan6.com, Hong Kong - Seorang miliarder asal Hong Kong bernama Samuel Tak Lee menyumbangkan US$ 118 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun (Kurs: 12.554/US$) pada [Massachusetts](Massachusetts "") Institute of Technology (MIT) pada Kamis minggu lalu (8/1/2015). Rencananya, sumbangan ini akan digunakan untuk membangun laboratorium kewirausahaan real estate.

Selain itu, sumbangan juga akan digunakan sebagai beasiswa bagi mahasiswa AS dan luar negari, dana penelitian tentang pengembangan real estate yang berkelanjutan, studi urbanisasi dan lab kurikulum yang akan tersedia secara online.

"Dengan mengembangkan perspektif jangka panjang, real estate akan menciptakan nilai yang lebih besar bagi dirinya dalam bagi masyarakat secara bertanggung jawab," kata Lee seperti yang dilansir dari Forbes, Senin (12/1/2015).

Bagi MIT, sumbangan Lee ini alah salah satu sumbangan yang terbesar dalam sejarah institut tersebut. Lee sendiri merupakan salah satu alumni MIT.

Pada tahun 1962, dirinya berhasil mendapatkan gelar sarjana pada teknik sipil dan 2 tahun setelahnya menyelesaikan pendidikan magisternya di teknik lingkungan.

Setelah menyelesaikan masa studi, Lee kembali ke Hongkong dan bergabung dengan salah satu perusahaan real estate yang didirikan oleh ayah dan sepupunya.

Saat ini, Lee telah melesat menjadi miliarder real estate yang sukses dengan total kekayaan sebesar US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 36,3 triliun. Kekayaan tersebut menempatkannya sebagai orang terkaya ke-19 di Hongkong. (Rio/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini