Sukses

KKP Tambah 4 Kapal untuk Awasi Perairan RI

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menambah empat kapal pengawas pada 2015 untuk meningkatkan upaya pemberantasan pencurian ikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menambah 4 kapal pengawas pada tahun ini. Penambahan kapal untuk meningkatkan upaya pemberantasan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia.

Direktur Pemantauan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) & PIP, Nugroho Aji mengatakan, 4 kapal tersebut dibangun melalui program Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) dan diperkirakan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

"Kapal ini dibangun multi year, yaitu mulai dibangun 2014 dan akan selesai pada akhir tahun ini," ujar Nugroho dalam konferensi pers di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (12/1/2015).

Dia menjelaskan, 4 kapal tersebut dibangun dengan anggaran lebih dari Rp 600 miliar yang terbagi pada 2 kali tahun anggaran yaitu pada 2014 dan 2015.

"Anggaran pada 2015 sebesar Rp 381 miliar, kalau 2014 itu Rp 238 miliar. Itu untuk 4 buah kapal. Dalam dolarnya sekitar US$ 58 juta," kata Nugroho.

Nantinya, 4 kapal ini akan memperkuat armada kapal pengawasan milik KKP yang saat ini berjumlah 27 kapal. Meski demikian, menurut Direktur Kapal Pengawas KKP Budi Halomoan, jumlah tersebut masih kurang untuk melakukan pengawasan di seluruh wilayah perairan Indonesia.

"Idealnya kapal kita itu jumlahnya 90 kapal, tapi dengan realisasi 27 kapal plus 4 kapal ini mudah-mudahan tahun depan selesai," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini