Sukses

Buku Langka Ini Dijual Rp 13 Miliar, Anda Berminat?

Di sebuah book fair di Qatar ada sebuah buku langka yang harganya dibanderol hingga belasan miliar rupiah.

Liputan6.com, Doha - Berapa harga buku yang biasa Anda beli di toko buku? Biasanya, buku-buku yang di jual di toko buku harganya tidak akan lebih dari Rp 200 ribu. Itu pun harga yang terhitung sudah sangat mahal.

Tetapi, di sebuah book fair di Qatar bernama Doha International Book Fair at Qatar National Convention Centre (QNCC), ada sebuah buku langka yang dijual hingga mencapai angka € 950 ribu atau sekitar Rp 14,1 miliar (Kurs: Rp 14.883/€).

Dikutip dari lama lokal The Peninsula, Senin (12/1/2015), buku tersebut memang terhitung sangat langka, karena itu harganya mencapai angka yang cukup fantastis. Apalagi, bahan dasar buku ini adalah plat besi yang tidak mudah rusak.

Adapun isi buku itu sendiri adalah gambar-gambar binatang berkaki empat di seluruh Amerika Utara. Total, seluruh plat besi dalam buku tersebut berjumlah 150 dengan gambar binatang yang diwarnai dengan mengandalkan kelincahan tangan si pembuatnya. 

Buku yang diberi judul The Viviparous Quadrupeds of North America ini menjadi buku termahal yang di jual dalam book fair tersebut. Buku ini diciptakan oleh seniman bernama John James Audubon.

Sebelumnya, John James Audubon sendiri pernah membuat buku berjudul The Birds of America yang terjual US$ 11,5 juta atau sekitar Rp 144,8 miliar (Kurs: Rp 12.599/US$) dalam salah satu lelang di tahun 2000. John James Audubon sendiri merupakan seniman terkenal asal Haiti yang meninggal pada tahun 1851.

Saat ini, pemilik The Viviparous Quadrupeds of North America adalah dealer buku bernama Antiquariat Inlibris and Antiquariaat Forum. Dalam book fair tersebut, dealer ini membawa lebih dari 100 buku, peta, atlas dan manuskrip langka dan kuno. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.