Sukses

Mau Bekerja di Facebook? Ini Kriterianya

Untuk bekerja di Facebook seseorang harus memiliki keahlian yang mumpuni. Apa saja kriteria yang dibutuhkan?

Liputan6.com, New York - Facebook adalah sosial media terbesar sampai saat ini. Hal ini terbukti, misalnya, dengan peringkat Facebook yang menempati posisi ke-2 website paling banyak dikunjungi orang menurut situs alexa.com.

Karena itu, bekerja di Facebook nampaknya menjadi idaman banyak orang. Tentu saja, untuk dapat diterima di Facebook tidaklah mudah. Sebab, salah satu faktor yang membuat Facebook masih sangat menarik adalah para pekerja yang kompetitif.

"Ada begitu banyak hal yang membuat Facebook menjadi perusahaan besar, tapi 2 hal yang paling menonjol adalah orang-orang dan misi kami," kata Ciara Brocklebank, salah satu HR Facebook seperti yang dikutip dari Business Insider, Rabu (14/1/2015).

Kriteria apa yang dibutuhkan untuk menjadi salah satu pekerja sosial media terbesar ini? Menurut Brocklebank, salah satu syarakatnya adalah mereka selalu mencari bakat terbaik dengan pengetahuan teknis yang mumpuni.

"Kami memiliki proses evaluasi yang menantang dimana kami berharap calon pekerja memiliki pengetahuan teknis yang kuat," kata Brocklebank.

Saat meninjau semua lamaran yang masuk, Brocklebank mengatakan bahwa Facebook akan melihat hal apa yang paling mengesankan.

"Hal yang paling mengesankan bisa saja latar belakang akademis yang kuat, pengalaman kerja yang relevan, proyek yang pernah dilakukan dan kontribusi dalam proyek open source," tambahnya.

Dari semua resume yang masuk, hanya beberapa nama yang berhasil lolos.

Selain itu, seorang calon pekerja juga harus membuat kesan yang sangat baik saat diwawancara.

Saat wawancara, Facebook akan menanyakan hal yang sangat komprehensif tentang posisi yang dilamar si calon pekerja. Selain itu, kemampuan, pengetahuan dan potensi si pelamar kerja juga akan digali cukup dalam.

Salah satu orang yang berhasil lolos dari seleksi Facebook bernama Nicolas Spiegelberg. Sebelum diterima menjadi salah satu engineering, Spiegelberg menjalani beberapa tahap seleksi. Pertama wawancara via telepon selama 45 menit, four in-person interview, dan 2 kali telepon untuk follow up.

Seleksi seketat ini tentu berbanding lurus dengan upah yang akan di dapatkan. Diketahui, upah terendah di Facebook mencapai angka US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar pertahun (Kurs: Rp 12.603/US$). (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.