Sukses

BKPM Uji Coba Izin Satu Pintu 15 Januari 2015

BKPM akan menerapkan uji coba perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada 15 Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menerapkan uji coba perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada 15 Januari 2015. Rencananya, uji coba ini akan dilakukan pada 135 perizinan di 19 kementerian/lembaga (K/L).

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, dengan pelayanan ini diharapkan investor akan mendapat pelayanan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi.

"Kami berharap dalam uji coba ini investor akan mendapatkan layanan perizinan yang ada di PTSP pusat, sehingga sistem dan persiapan yang telah dilakukan dapat diuji kehandalannya," katanya, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Dia mengatakan, uji coba tersebut akan dilakukan di seluruh layanan perizinan PTSP pusat. Lanjutnya, termasuk di dalamnya perizinan end to end sektor usaha seperti kelistrikan, perindustrian, dan pertanian.

"Investor ketiga sektor usaha tersebut tidak perlu mengelilingi Jakarta, keluar masuk gedung kementerian untuk mengurus perizinan. Cukup datang di BKPM dan tinggal menuju meja dari masing-masing K/L," ungkapnya.

Adapun K/L yang terjait dengan ketiga sektor tersebut antara lain, Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian Kementerian Pertanian. Serta didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, PLN, BPOM.

Dia juga mengatakan, kemudahan perizinan lain yang diperoleh investor di PTSP Pusat antara lain  perizinan dan rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Lalu  perizinan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kementerian Pariwisata, serta jasa keamanan dikeluarkan oleh Kepolisian.

"Kami ingin memastikan setelah resmi di launching Bapak Presiden tidak ada lagi kendala," tukasnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini