Sukses

Usai Uji Coba, PTSP Siap Diresmikan 26 Januari 2015

Kepala BKPM Franky Sibarani mengharapkan perbaikan layanan terpadu satu pintu segera selesai agar diresmikan pada 26 Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mulai melaksanakan uji coba sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada hari ini di Kantor Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Meski baru uji coba, Kepala BKPM Franky Sibarani mengakui masih ada beberapa perangkat yang belum siap dalam uji coba hari ini seperti kontak senter, kelengkapan petugas dan lain-lain.

"Yang belum siap seperti call center itu belum, SDM juga beberapa belum lengkap dilengkapi karena masih ada yang training. Tetapi kalau perizinan ini tidak dicoba, kita tidak tahu kekurangannya. Makanya kita sepakat bahwa ini harus di ujicoba," ujar Franky di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Meski demikian, dia menyatakan, pemerintah telah berkomitmen untuk memperbaiki segala kekurangan dan permasalah yang didapatkan selama proses uji coba PTSP ini berlangsung sehingga siap diresmikan pada akhir bulan ini.

"Tanggal 26 (Januari 2015) semua sudah bisa jalan tapi perizinan sudah bisa dari sekarang," lanjutnya.

Menurut Franky, pemerintah berharap semua perizinan untuk investasi menjadi lebih cepat, transparan dan terintegrasi dengan ada PTSP.

"Kita perbaiki seperti SOP izin-izin itu ada tapi tenggat waktunya belum, sementara kita harus berikan kepastian pada investor, akhirnya kita tetapkan sementara yang belum diberikan, misalnya service level garansi kita sepakati berapa misalnya 10 hari-15 hari. Proses ini tidak otomatis langsung selesai, PR jangka pendek kita sempurnakan SOP," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini