Sukses

Berantas Pencuri Ikan, Jokowi Sebut Menteri Susi Sadis

"Nelayan kita tidak ada saingan. Tidak ada yang berani lagi karena menterinya sadis," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat apreasiasi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sebagaimana diketahui, saat ini Susi sangat getol memberantas pencurian ikan dengan menggelamkan kapal-kapal pencuri.

Jokowi mengatakan, dengan langkah tersebut maka pencuri ikan tak akan berani kembali mencuri. Maka, dia pun bilang Susi sadis di mata para pencuri.

"Penenggelaman kapal illegal fishing, produksi ikan jadi melimpah. Nelayan kita tidak ada saingan. Tidak ada yang berani lagi karena menterinya sadis," kata dia, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk proses penenggelaman kapal bukan perkara mudah. Untuk proses penenggalaman ini, Jokowi harus menyuruh Susi sebanyak tiga kali. Penenggelaman tak kunjung dilakukan karena harus mengikuti prosedur hukum.

"Dua minggu tidak ada yang tenggelam. Saya perintahkan lagi, tapi yang ketiga kali ditenggelamkan karena prosedur ini-itu," paparnya.

Sementara, Jokowi mengatakan juga telah menyiapkan sejumlah rencana untuk mendorong perikanan RI. Jokowi mengatakan akan memberikan sejumlah subsidi untuk nelayan dan industri ikan.

"Subsidi itu kita berikan nelayan, berikan mereka kapal, mesin kapal, pendingin ikan, sehingga dibutuhkan industri perikanan. Investasi yang baik itu perikanan, cold storage, pengalengan," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.