Sukses

Ini Dasar BI Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,8%

Tingginya pertumbuhan ekonomi pada 2015 juga akan didukung peningkatan ekspor.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia pada tahun ini diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 5,4 persen-5,8 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan selain sebabkan kuatnya konsumsi rumah tangga, tingginya pertumbuhan ekonomi pada 2015 juga akan didukung peningkatan ekspor akibat perbaikan kondisi ekonomi di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa.

"Optimisme terhadap pertumbuhan 5,4 persen-5,8 persen, yang penting kondisi global 2015 akan lebih baik dimana pertumbuhan di Amerika, pertumbuhan China yang meski turun tapi masih pada level tinggi yaitu 3,6 persen serta PDB global tahun ini yang sebesar 3,3 persen akan mendorong ekspor kita. Ekspor manufaktur kita ke negara yang recovery akan meningkat," ujar dia di Kantor BI, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Selain itu, faktor investasi pemerintah yang sejalan dengan peningkatan kapasitas fiskal untuk mendukung kegiatan ekonomi produktif termasuk pembangunan infrastruktur juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi ini.

"Juga terbukanya ruang fiskal yang lebih lebar dimana pemerintah akan merelokasikan sekitar Rp100 triliun untuk proyek infrastrutkur. Ini akan menambah investasi di infrastruktur dan akan mendorong multiplier efek pada sektor-sektor lain. Ini yang membuat kita tetap optimis pertumbuhan 5,4 persen-5,8 persen masih bisa digunakan," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini