Sukses

Harga BBM Bakal Turun, Rupiah Masih Enggan Menguat

Pemerintah kembali memberikan sinyal akan segera menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali memberikan sinyal untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, harga BBM akan diturunkan ke kisaran Rp 6.400 - Rp 6.500 per liter. Sayangnya, rencana tersebut ternyata tak mampu membuat nilai tukar rupiah menguat lebih jauh.

Data valuta asing (valas) Bloomberg, Jumat (16/1/2015), mencatat nilai tukar rupiah dibuka menguat di level Rp 12.541 per dolar AS dari Rp 12.555 per dolar AS pada perdagangan sebelumnya. Namun kemudian nilai tukar rupiah tampak berfluktuasi melemah dan bertengger di kisaran Rp 12.541 per dolar AS hingga Rp 12.618 per dolar AS.

Sebaliknya, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia menunjukkan nilai tukar rupiah bergerak menguat Rp 12.593 per dolar AS. Nilai tukar rupiah memang masih tampak berkutat di kisaran Rp 12.500 per dolar AS hingga Rp 12.600 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Dian Ayu Yustina menjelaskan, saat ini, sebagian besar mata uang terjebak dalam dollar strenghtening environment (situasi penguatan dolar).

"Rencana penurunan harga BBM tidak terlalu kelihatan dampaknya terhadap rupiah karena sedang berada dalam situasi penguatan dolar, di mana mata uang lain cenderung melemah termasuk rupiah," katanya.

Selain itu, Dian menjelaskan, sebenarnya sentimen yang dapat berdampak positif adalah penghilangan subsidi premium. Dengan begitu, para investor akan melihat anggaran negara terlindungi dan volatilitas berkurang karena tidak terkena tekanan.

"Tapi kan kondisinya kurang memungkinkan karena harga minyak sedang terus turun," pungkasnya. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini