Sukses

Produsen Semen Swasta Diminta Ikuti Langkah Semen Indonesia

"Kalau yang lain tidak turun ya terserah, tetapi kami memberi tahu, message-nya di situ," jelas Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), pemerintah juga menurunkan harga semen yang diproduksi oleh perusahaan yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Semen Indonesia dan PT Semen Batu Raja sebesar Rp 3.000 per sak.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, keputusan pemerintah untuk menurunkan harga semen ini memang tidak secara otomatis akan membuat produsen semen swasta ikut menurunkan harga produknya.

Namun jika produsen semen sebesar PT Semen Indonesia menurunkan harga produknya,diharapkan produsen lain juga mengikuti.

"Kan Semen Indonesia itu kan price leader, kalau price leader menurunkan harga yang lain juga ikut," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015).

Bambang menyatakan pemerintah tidak bisa memaksa para produsen semen swasta di dalam negeri untuk ikut menurunkan harga. Akan tetapi setidaknya dengan pengumuman tersebut, produsen akan mempertimbangkan untuk menurunkan harga semennya agar bisa bersaing.

"Kalau yang lain tidak turun ya terserah, tetapi kami memberi tahu, message-nya di situ," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.