Sukses

Marwan Jafar: Dana Desa Bakal Cair Bulan April

Pada 2015 ini setiap desa akan mendapatkan Dana Desa sebesar Rp 1,4 miliar yang akan dikucurkan secara bertahap.

Liputan6.com, Bogor - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berencana untuk mengucurkan Dana Desa sebesar Rp 240 juta hingga Rp 270 juta bagi pembangunan desa pada April nanti. Dikatakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, pemerintah mengalokasikan dana Rp 20 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang dialokasikan bagi 74 ribu desa.

"Setiap desa akan mendapatkan Rp 1,4 miliar. Kemudian akan diberikan secara bertahap. Dimana tahap pertama, diberikan pada April sebesar Rp 240 hingga Rp 270 juta," jelasnya saat blusukan ke Kampung Cangkrang, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Minggu (18/1/2015).

Marwan menuturkan, dengan adanya Insentif anggaran desa ini diharapkan mampu dikelola secara akuntable dan tepat sasaran untuk menunjang perekonomian di desa. Ia optimis jika ke depannya, desa akan mampu tampil menjadi sentra-sentra baru pertumbuhan ekonomi nasional.

"Terkait pengawasan, kementerian juga akan membentuk tim guna memonitor sejauh mana penggunaan anggaran tersebut terserap," paparnya.

Selain itu, untuk mendorong terciptanya Desa Mandiri, Marwan berharap setiap desa dapat mendirikan usaha desa yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Des).

"Adanya BUM Des ini akan menjadi sektor penting terwujudnya swasembada pangan nasional," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Marwan berkunjung ke sentra pembibitan buah jambu kristal di Dramaga. Juga berkunjung ke sentra budidaya ikan lele di Kampung Putat Nutug, desa Babakan, Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. (Bima Firmanyah/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini