Sukses

Pemerintah Jokowi Usul 35 BUMN Raih Kucuran Dana Rp 48 Triliun

Pemerintah akan menyuntikkan dana segar sekitar Rp 48 triliun untuk BUMN Pertanian, Infrastruktur, Perbankan dan Transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menganggarkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 48,01 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015. Anggaran fantastis ini rencananya disuntikkan untuk 35 Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Total ada 35 BUMN yang akan mendapat PMN sebesar Rp 48,01 triliun," tegas Menteri BUMN, Rini Soemarno saat Rapat Kerja dengan Komisi VI, Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Dia menyebut, di antara 35 perusahaan pelat merah yang akan mengantungi dana segar pemerintah adalah BUMN Pertanian, Infrastruktur, Perbankan, Transportasi dan sebagainya.

Sebagai contoh, menurut Rini, dalam rangka pemerataan ekonomi dan mempercepat konektivitas darat di seluruh Indonesia, pemerintah akan membangun ruas jalan tol. Dalam hal ini, pemerintah sudah menunjuk PT Hutama Karya (Persero) guna mewujudkan program tersebut.

"Hutama Karya ditugaskan untuk membangun jalan tol Trans Sumatera sehingga sepantasnya mendapat PMN," ujar Rini.

Di samping itu, Rini bilang, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan mengembangkan jalur kereta api Trans Sumatera. Ada dukungan dari PT Kereta Api Indonesia untuk menyediakan lokomotif, kereta penumpang, kereta barang dan lainnya. Dan KAI akan diberikan PMN tahun ini.

"BUMN lain, PT Angkasa Pura II juga perlu tambahan PMN untuk meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta. PMN ini digunakan untuk membangun runway ketiga, lantaran butuh dana pembebasan lahan," terangnya.

BUMN Strategis, kata Rini, perlu memperoleh kucuran dana PMN untuk PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia. Termasuk untuk mendukung program Jokowi dalam merealisasikan kedaulatan pangan di Indonesia.

"PMN juga diberikan untuk Perum Bulog, PT Perkebunan Nusantara, Sang Hyang Seri, PT Pertani, Perikanan Nusantara, dan Perum Perikanan Indonesia," jelasnya.

Sementara untuk BUMN go public, tambah Rini, skema PMN dari pemerintah akan menyerap penerbitan saham baru (rights issue) dari empat perusahaan pelat merah terbuka. Yakni, PT Waskita Karya Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Aneka Tambang Tbk. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini