Sukses

Orang Kaya akan Dipersulit Pakai Elpiji 3 Kg

Ke depan akan ada penertiban penyaluran elpiji bersubsidi 3 kg dengan sistem tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyetujui penerapan distribusi tertutup untuk gas elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg).

Sudirman mengatakan, kedepan akan ada penertiban penyaluran elpiji bersubsidi  3 kg dengan sistem tertutup. Hal ini bertujuan agar penyaluran elpiji bersubsidi 3 kg tepat sasaran digunakan masyarakat yang berhak.

 "Itu sesuatu yang tidak bisa terhindari, ke depan ada penertiban, saya berharap Pertamina dan BPH migas menertibkan distribusi tertutup. Itu usaha Pertamina saya mengamini itu," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Terkait dengan penurunan harga elpiji non subsidi 12 kg yang diterapkan hari ini, menurut Sudirman, hal tersebut merupakan aksi korporasi bukan pemerintah.

"Itu sebagian bukan keputusan pemerintah keputusan korporat," tuturnya.

Menurut dia, penurunan harga elpiji 12 kg disebabkan harga minyak dunia yang mengalami penurunan, sehingga bahan baku elpiji juga turun.

"Kalau menyimak penjelasan Presiden yang singkat, dalam situasi harga minyak turun harga bahan pokok menyesuaikan banyak komponen minyak dalam produksin besar," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini